Kamis, 16 Agustus 2012

Walikota Spanyol Merampok untuk Rakyat Miskin

[imagetag]

Seorang walikota di Spanyol menjadi perbincangan di seantero jagat berkat aksi Robin Hood-nya merampok sebuah Supermarket untuk kemudian menyerahkan hasil rampokan itu kepada masyarakat miskin.

Adalah Juan Manuel Sanchez Sanchez Gordillo, Wali Kota Marinaleda yang berpopulasi 2.645 yang membuat kehebohan ini. Wali kota di Provinsi Andalusia ini berpartisipasi dalam dua kali aksi penyerbuat di supermarket.

Menurut harian Guardian, tujuh orang telah ditahan dalam aksi yang dilakukan dengan cara menumpuk troli dengan bahan makanan di supermarket dan keluar tanpa membayar, sementara Gordillo menunggu di luar. Sang walikota berusia 56 tahun itu tidak ditangkp karena dia menjadi anggota DPR mewakili Andalusia.

Aksi perampokan tersebut dilakukan oleh Gordillo menyusul semakin memburuknya kondisi ekonomi di Spanyol.Tingkat pengangguran di Spanyol meningkat 15 persen. Lebih dari separuh angkatan kerja muda tidak bekerja. Di Kota Marinaleda yang dipimpin Gordillo, satu dari tiga orang menganggur. Kondisi ini diperkirakan bakal lebih memburuk karena Spanyol mengetatkan anggaran belanja setelah menerima dana talangan Uni Eropa dua bulan lalu, sehingga lapangan kerja dari negara kemungkinan tidak tersedia.

"Ada rakyat yang tak punya cukup makanan. Di abad 21 ini, ini benar-benar hal yang aib," katanya kepada Reuters saat diwawancara di sebuah stasiun kereta api di Madrid.

Namun tindakan ala Robin Hood yang dilakukan oleh pria yang berjanggut mirip Fidel Castro itu mendapat kecaman dan cemoohan dari politikus lain dari pemerintahan, Alfonso Alonso.

"Orang ini (Gordillo), hanya mencari publisitas dengan mengorbankan orang lain," kata Alonso yang merupakan juru bicara partai berkuasa di pemerintahan, Partai Rakyat. "Anda tidak bisa menjadi Robin Hood dan Sheriff Nottingham."

Meski begitu Gordillo tidak gentar, ia bahkan mengancam akan kembali melakukan aksi tersebut dan siap melepaskan status kebal hukumnya. Kini berkat aksinya Gordillo menjadi selebriti nasional. Saat berbicara dengan Reuters, sekelompok masyarakat mendekati dan berterima kasih atas aksi tersebut.

Sumber: bimapedia.com

[imagetag]