Jumat, 03 Agustus 2012

Makanan untuk Mengurangi Kolesterol


[imagetag]



[imagetag] Manusia modern saat ini pada umumnya tidak menginginkan meningginya kadar kolesterol di dalam tubuh mereka. Tetapi itu bertolak belakang dengan aktifitas atau kegiatan yang mereka lakukan. Salah satunya adalah kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan cepat saji tetapi tidak diimbangi dengan berolahraga.

Berita baiknya, kadar kolesterol tersebut bisa dikurangi dengan mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini, seperti yang dilansir oleh American Heart Association (AHA), ditambah dengan olahraga yang cukup dan rutin.

1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Minyak ini diyakini oleh para ahli kesehatan memiliki banyak manfaat baik untuh tubuh manusia.

2. Bayam
Dengan mengonsumsi ½ cangkir sayuran yang kaya kandungan lutein ini, dapat menjaga Anda dari serangan jantung. Bayam juga mengandung 13 macam flovanoid yang dapat menjauhkan Anda dari kanker dan osteoporosis.

3. Cokelat
Menurut data penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of Hepatology" di Spanyol, antioksidan cokelat dapat mengurangi kerusakan yang terjadi di pembuluh darah, yang dapat mengancam kesehatan seseorang dengan sirosis (penyakit hati kronis). Ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram dark cokelat setiap hari dalam membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21%.

4. Teh
Kandungan antioksidan dan kafein di dalam teh berperan sebagai pertahanan besar terhadap kadar kolesterol jahat.

5. Kedelai
Ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi kedelai dalam asupan makanan harian karena dapat membantu menurunan kadar kolesterol sebanyak 8 persen.

6. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki molekul asam lemak terendah dan merupakan cara terbaik untuk menambahkan lemak sehat yang diperlukan oleh tubuh.

7. Ikan Salmon
Asam lemak Omega3 yang terdapat di dalam ikan salmon berperan penting dalam menjaga kadar kolestrol tetap terkendali. Ikan salmon membantu untuk menurunkan tekanan darah dan menekan risiko pembekuan darah, serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4 persen.

8. Gandum
Gandum membantu menjaga kadar kolesterol lebih baik. Mengonsumsi dua porsi gandum setiap harinya dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 5,3% hanya dalam 6 minggu. Ini karena gandum mengandung zat yang disebut beta-glukan yang dapat menyerap kolesterol jahat.

Kabarharian.com
#db4ef9