Kamis, 16 Agustus 2012

Konsumsi Kuning Telur Sama Bahayanya dengan Merokok

[imagetag]

BERTAMBAH lagi alasan para penderita jantung untuk mencoret kuning telur dari daftar makanan. Hal ini dikarenakan dampak negatif yang ditimbulkan. Bahaya konsumsi kuning telur sama bahayanya dengan merokok.

Menurut penelitian, kuning telur dapat meningkatkan resiko pembentukan plak dalam dinding arteri, yang bisa berujung pada pengerasan arteri atau aterosklerosis.

"Konsumsi kuning telur memiliki dua per tiga bahaya pembentukan plak yang diakibatkan merokok," ujar Dr. David Spence, neurolog dari University of Western Ontario, Kanada.

Dilansir Daily Mail, studi yang dipublikasikan dalam jurnal Atherosclerosis ini juga mengungkap bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya tiga kuning telur per minggu memiliki plak lebih banyak dari yang hanya mengonsumsinya dua kali seminggu.

"Konsumsi makanan berkolesterol tinggi meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler, dan kuning telur termasuk salah satunya. Studi ini menunjukkan, plak terbentuk dalam arteri seiring berjalannya waktu, dan kuning telur mempercepat proses itu," urai Spence.

Akibat dari timbulnya plak adalah gangguan seks, kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, dan kenaikan indeks massa tubuh. Oleh sebab itu, Spence memperingatkan orang-orang dengan resiko penyakit kardiovaskuler untuk menjauhi kuning telur.

Sumber: bimapedia.com

[imagetag]