Sabtu, 11 Agustus 2012

Kelakuan Unik Wanita Pengguna Smartphone

[imagetag]

Perkembangan Smartphone di negara kita sudah sedemikian pesatnya. Bahkan tahun ini pertumbuhan pemakai smartphone di Indonesia diprediksi meningkat dari 6% di 2011 menjadi 22% pada 2012, atau naik tiga kali lipat [sumber: swa.co.id]

Banyak orang tak lagi memikirkan betapapun harga smartphone mampu menguras kantong, namun demi prestige, benda tersebut bisa mereka miliki. Sebagian besar memanfaatkan smartphone ini agar bisa eksis di jejaring sosial maupun chatting. Tak heran jika Jakarta menjadi kota terbesar ke-2 di dunia pengguna Facebook! Wow!

Demam jejaring sosial tak lepas dari pengaruh kehadiran smartphone. Alasan orang menggunakan smartphone antara lain untuk memudahkan pekerjaan dan gaya hidup. Selain itu smartphone juga memiliki kecepatan dan coverage yang lebih baik dibandingkan ponsel biasa.

Fenomena inilah yang kemudian memunculkan keunikan dari pengguna smartphone, terutama perempuan. Beragam pemandangan 'yang tak biasa' dari pengguna smartphone ini seringkali saya lihat. Kalau dipikir-pikir, apakah sedemikian dahsyatnya smartphone mampu 'menghipnotis' perempuan?

Berikut ini kelakuan unik perempuan yang kadung 'nyandu' smartphone:

1. Nekat berBBM-ria saat mengendarai motor.

Perempuan mengendarai motor bukan lagi sesuatu yang aneh. Justru kelakuan aneh si pengendaranya yang menjadi keunikan tersendiri. Beberapa kali saya melihat tangan kiri perempuan masih sibuk memainkan ponsel pintar itu, sedang tangan kanannya tetap mengendalikan laju kendaraan. Suami saya ternyata sering juga melihat maniak smartphone seperti ini 'gentayangan' di jalan.

Seperti tak memiliki waktu lain, pengguna smartphone yang nekat ini berBBM hingga tak mempedulikan keselamatan diri dan orang lain. Bagaimana jika ia lengah kemudian menabrak kendaraan lain atau menabrak orang yang sedang menyebrang jalan?

Sudah cukup banyak korban lalu lintas akibat kelalaian pengendara motor. Janganlah menambah daftar panjang korban hanya karena terlalu asik menggunakan smartphone hingga lupa diri dan menyebabkan kejadian buruk yang tak diinginkan menimpa.

2. Duduk manis membonceng motor sambil BBM-an

Pemandangan unik lainnya yang tak kalah seru adalah saat perempuan membonceng motor. Ia duduk di belakang sambil asik mengutak-atik smartphone-nya. Ini bukan sekali yang saya lihat.

Apa mereka tidak merasa khawatir ponsel itu terjatuh kemudian terlindas kendaraan lain? Atau apes-apesnya ponselnya itu direbut pengendara motor yang berniat jahat! Nah, pasti nyesel deh kalau sampai kejadian.

3. Sempat-sempatnya BerBBM saat berdiri di dalam kendaraan yang penuh sesak penumpang.

Pemandangan unik ini beberapa kali saya lihat. Pernah saat di busway yang sedang penuh, lagi-lagi perempuan si pengguna smartphone yang melakukannya. Seolah tak lihat situasi dan kondisi kendaraan umum yang penuh sesak, penumpang ini masih saja asik kedua tangannya berkutat lincah memencet keypad smartphone.

Sekalipun kehadiran si unik ini tidak mengganggu penumpang lain, hanya saja melihat kelakuan orang yang seperti ini, seolah ingin menunjukan bahwa ia benar-benar tak bisa lepas dari 'sihir' smartphone.

4. Sibuk BerBBM sambil jalan.

Nah..!! Lagi-lagi perempuan yang punya gaya seperti ini. Coba saja kita lihat di mall atau shopping centre di manapun, tentu sering menemukan perempuan model begini khan? Apa sebegitu pentingkah urusan mereka hingga harus saat itu juga membalas pesan teman-temannya, tak peduli dalam kondisi berjalan.

Kebiasaan seperti ini nampaknya sudah lazim. Mungkinkah ada kebanggaan bagi mereka BBM-an sambil jalan. Coba kalau kejadiannya mereka nabrak tembok? Apa gak malu-maluin tuh?

5. Hening BerBBM saat duduk di kendaraan umum.

Kalau yang ini sih saya banget! Bukan karena ingin gaya atau apa, saya lebih cenderung memanfaatkan smartphone ini untuk mengatasi kejenuhan selama di jalan. Belum lagi kemacetan jalan di Jakarta yang sudah tak bisa ditawar lagi.

Akibatnya, demi mengatasi rasa bete itu, smartphone mampu menjadi teman selama perjalanan. Bahkan selama di jalan, saya bisa menghasilkan sebuah tulisan dan bisa langsung saya posting di Kompasiana.

Ternyata tak hanya saya saja yang memiliki kebiasaan ini. Banyak perempuan yang mendadak hening terpaku menatapi ponselnya. Ada yang hingga terlelap karena sepasang earphone yang masih menempel di telinganya. Ada pula yang mesam-mesem sendiri. Ada juga yang wajahnya serius (pasti pusing soal kerjaan kantor nih!).

6. Smartphone, mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

Baru Jumat kemarin saya menyaksikan sendiri, 3 orang klien kami (2 perempuan dan seorang laki-laki) datang ke kantor untuk signing akta. Saat mereka masuk ke ruangan masih terdengar perbicangan seru. Beberapa saat setelah mereka duduk, suasana mendadak jadi sepi. Sunyi. Seperti tak ada tanda-tanda kehidupan.

Saya sempat menoleh ke arah mereka duduk, loh koq sepi ya? Mereka kemana? Alamak! Rupanya mereka bertiga sudah tenggelam dalam dunia smartphone mereka masing-masing.

Ternyata benda satu ini begitu magic-nya menunjukan kekuatan karena mampu menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Mereka duduk berdekatan, namun seperti tak saling kenal karena mungkin sibuk menyapa teman-teman mereka di dunia maya.

7. Masak sambil BBM-an.

Nah ini biasanya ibu-ibu rumah tangga yang sering melakukannya. Saya tahu ini karenna beberapa kali diajak BBM-an oleh sahabat saya yang berprofesi ibu rumah tangga. Ia bilang BBM-an sambil masak nih! Jadi maaf-maaf saja kalau jawab BBM-nya agak telat. Padahal saya sendiri menjawab BBM-nya sambil sesekali bekerja, bahkan bisa sambil ngeprint dokumen.

Inilah faktanya pengguna smartphone terkadang tak mampu menempatkan diri mereka (termasuk. saya) dengan smart. Semoga pengaruh ponsel pintar ini dalam kehidupan kita tidak menjadikan kita pribadi yang asik mengurusi diri sendiri hingga menjadi apatis terhadap lingkungan sekitar kita. Be a smart phone users, girls!

Sumber: bimapedia.com

[imagetag]