Selasa, 21 Agustus 2012

Beramal Sedkit itu Lebih Baik


بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرفالمرسلين. أما بعد






Kita sebagai orang Islam sudah semestinya selalu berkeinginan untuk memperbaiki diri, menambah kualitas diri, dan menjaga kestabilan iman kita. Mengamalkan amalan sholeh yang benar-benar di contohkan oleh Syariah tanpa menambah dan menguranginya, dengan mencari ilmu dan mempraktekkannya.

Semangat dan iman selalu naik turun. ketika kita sedang semangat dan iman kita sedang naik, maka kita sangat ingin melakukan amalan ibadah yang banyak, akan tetapi jika iman kita sedang turun, maka terasa malas untuk melakukan ibadah yang sangat banyak.

Para sahabat saja sempat mengeluh akan banyaknya ibadah dalam Islam. akan tetapi Rasulullah -shalallahu 'alaihi wasallam selalu memberikan solusi terbaik bagi ummatnya, yaitu memilih amalan yang di sukai dan melaksanakannya secara kontinu.
Rasulullah -shalallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

أَحَبُّ الأَْعْمَال إِلَى اللَّهِأَدْوَمُهَا وَإِنْ قَل

Artinya : "Amalan yang paling di cintai oleh Allah adalah amalan yangkontinu walaupun sedikit."
(HR Bukhori dan Muslim)

Beliau juga memerintahkan untuk melaksanakan amalan yang kita mampu untuk melaksanakannya dan tidak memberatkan diri kita. beliau bersabda :

واكْلَفُوا من الْعَمَلِ ما تُطيقون ، فإنَّالله لا يَمَلُّ حتَّي تَملُّوا ، وإنَّ أحَبَّ الأعمال إلى الله ما دَامَ وإنقلَّ

Artinya : "Laksanakan amalan semampu kalian, sesungguhnya Allah tidakbosan sampai kalian (sendiri) yang bosan. dan sesungguhnya amalan yang palingdi cintai Allah adalah amalan yang kontinu (berkesinambungan) walaupunsedikit." (HR Abu Daud)

Rasulullah-sholallahu 'alaihi wasallam- juga menjelaskan kepada kita bahwa amal ibadah kita tidak akan bisa memasukkan kita ke dalam surga kecuali dengan rahmat-Nya. beliau bersabda ;

سَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا،فَإِنَّهُ لاَ يُدْخِلُ أَحَدًا الْجَنَّةَ عَمَلُهُ قَالُوا: وَلاَ أَنْتَ يَارَسُولَ اللهِ قَالَ: وَلاَ أَنَا إِلاَّ أَنْ يَتَغَمَّدَنِي اللهُ بِرَحْمَةٍوَاعْلَمُوا أَنَّ أَحَبَّ العَمَلِ إِلَى الله أَدْوَمُهُ وَإِنْ قَلَّ

Artinya : "Beramallah dengan benar dan sungguh-sungguh, ketahuilahbahwa sesungguhnya seorang dari kalian tidak akan masuk surga karena amalannya.mereka berkata : dan apakah engkau juga wahai Rosulullah? beliau menjawab :tidak juga aku, kecuali Allah memberikanku rahmat-Nya. dan ketahuilah bahwaamalan yang paling di cintai oleh Allah adalah amalan yang kontinu(berkesinambungan) walaupun itu sedikit." (HR Muslim)

Bagi kita selaku seorang muslim, untuk memperhatikan arahan Rosulullah-sholallahu 'alaihi wasallam- di atas. dan kita beramal harus sesuai contohdari beliau dan para sahabatnya. beramal sedikit akan tetapi bisa terus menerus(kontinu) itu lebih baik dari pada beramal banyak akan tetapi tidak bisakontinu.



Wallahu a’lam bisshowab.