Kamis, 09 Agustus 2012

8 Kebiasaan Yang Pantang Dilakukan Setelah Makan


[imagetag]

Kebanyakan orang tidak akan memperdulikan hal-hal apa saja yang
dilakukan setelah
makan
. Mereka beranggapan bahwa setelah
makan
, mereka dapatmelakukan apa saja sesudahnya. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang
sebaiknya dihindari sesaat setelah makan karena dapat merugikan kesehatan.Berikut hal-hal yang dapat merugikan kesehatan akibat kebiasaan
buruk yangdilakukan setelah makan:

1. Minum teh hangat


Dalam teh terdapat kandungan zat yang dapat menyerapsari-sari makanan. Kandungan tersebut berupa zat tannin, suatu senyawa dalamteh yang dapat mempengaruhi serapan protein dalam lambung. Minum teh setelahmakan otomatis juga dapat menghambat serapan zat besi. Jika keadaan terusmenerus demikian maka tubuh akan bereaksi menjadi kekurangan zat besi atauanemia.

2. Minum air dingin


Tidak ada ahli gizi yang menganjurkan untuk minum es setelahmakan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh makanan yang tidak dapat dicerna akibatbertemu dan menggumpalnya sari makanan dengan air es. Sebaiknya ganti kebiasaan
minum es setelah makan dengan minum air hangat. Selain menyegarkan, minum airhangat dapat membantu penyerapan sari-sari makanan lebih baik.

3. Makan buah-buahan


Lambung


membutuhkanwaktu kurang lebih 1-2 jam untuk melakukan penyerapan sari-sari makanan. Jikalambung yang belum sempurna menyerap kembali terisi oleh buah-buahan, makaproses pennyerapan ini akan terganggu. Terganggunya proses penyerapan inidikarenakan oleh udara yang ikut masuk dalam lambung. Jika berkelanjutan, makaakan menimbulkan gejala perut kembung dan diare.

4. Merokok


Pada dasarnya, merokok tidak baik bagi kesehatan. Namun, ternyatamerokok setelah makan mempunyai bahaya sepuluh kali lipat lebih berbahayadibandingkan sehari-harinya. Hal ini disebabkan oleh peredaran darah yangmeningkat

5. Mandi


Suhu tubuh
setelah makanmengalami penurunan. Namun, jika diteruskan dengan mandi sesaat setelah makan,maka kondisi suhu tubuh akan naik. Hal ini akan menyebabkan volume aliran darahpada saluran usus dan lambung akan berkurang yang berakibat membuat fungsilambung akan melemah dan menyebabkan sistem pencernaan menjadai kacau.

6. Minum air putih sebelum makan


Kebiasaan minum air sebelum makan banyak disarankan bagi merekayang ingin berdiet karena akan memberikan efek yang mengenyangkan. Tapi,tahukah Anda, ternyata kebiasaan tersebut tidak baik bagi kesehatan. Selainmenunda masuknya nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga menyebabkan prosespenyerapan makanan oleh enzim menjadi lebih sulit. Hal ini disebabkan karenaair mengalir dari lambung ke usus yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit.Belum sempat air turun menuju usus sudah ditambah dengan makanan, sehinggaproses penyerapan pun menjadi lebih sulit.

7. Tidur


Banyak orang mengaku bahwa setelah makan biasanya mengantuk. Namun,jangan ada baiknya Anda tidak menuruti rasa kantuk karena jika Anda menurutinyadan tertidur maka makanan yang baru saja masuk tidak dapat dicerna dengan baik.Sehingga mengakibatkan kembung dan terjadi peradangan.

8. Melonggarkan ikat pinggang


Meski seringkali kita merasa nyaman, namun melonggarkan ikat pinggangjustru memperburuk keadaan lambung dan berakibat pada turunnya lambung akibattekanan dalam perut yang diturunkan. Selain itu, melonggarkan ikat pinggangsetelah makan juga dapat menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

Jadi, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut ya, Ladies. Tubuhsehat, jiwa pun tenang.

Suumber
#db4ef9