Jumat, 20 Juli 2012

Konsumsi Ikan Di Dunia Terus Meningkat Hingga Tahun 2021

Konsumsi Ikan Di Dunia Terus Meningkat Hingga Tahun 2021 PDF Print E-mail
Budidaya ikan semakin gencar dilakukan para pembudidaya ikan. Karena kebutuhan akan konsumsi ikan semakin meningkat setiap tahun. Bahkan konsumsi ikan di dunia per kapita bisa mencapai 19,6 kg di tahun 2021.

Meskipun para nelayan tetap menangkap ikan di laut namun belum tentu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Nantinya, pembudidaya ikan semakin banyak dan meningkat hingga 33 persen. Ini adalah cara untuk membantu memenuhi permintaan dunia akan ikan segar yang sehat dan bergizi. Hal ini juga telah disempaikan oleh badan pangan PBB, Senin (9/7).

Food and Agriculture Organisation (FAO), mengatakan hasil budidaya ikan diperkirakan akan meningkat sekitar 172 juta ton pada tahun 2021, jumlahnya naik 15 persen dari rata-rata kebutuhan tahun 2009-2011. Budidaya ikan adalah salah satu cara yang cepat untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Pada tahun 2018, jumlah konsumsi ikan ternak diperkirakan akan melebihi ikan tangkap. Meningkatnya jumlah permintaan disebabkan oleh kandungan nutrisi ikan yang merupakan sumber protein dan mikronutrien penting untuk mencapai gizi seimbang yang baik untuk kesehatan.

Menurut FAO, asupan protein penduduk dunia berasal dari hewan sekitar 16,6 persen dan 6,5 persen protein didapat dari sumber makanan lainnya.

Dunia perdagangan ikan diharapkan dapat meluas hingga 25 % di tahun 2012 hingga 2021. Karena dibutuhkan seluruh dunia, jumlah porsinya juga harus signifikan dengan jumlah produksi ikan yang akan diekspor.


sumber : www.detik.com