Rabu, 12 Oktober 2011

Pidato Mengenai Tata Tertib Di Sekolah


Assalamu Alaikum wr.wb

Yang Kami Hormati Bapak dan Ibu Guru
Yang Bapak Banggakan Anak-anaku Seluruh Siswa SMA Negeri 5 Bekasi

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini.

Ada salah satu hal yang biasanya dirasakan oleh siswa sebagai beban yaitu adanya tata tertib sekolah. Padahal tidak ada satu sekolah pun di dunia ini yang tidak memiliki tata tertib.

Tata tertib adalah aturan. Segalanya perlu aturan untuk membuat sesuatu berjalan dengan baik dan lancar. Naik mobil atau motor perlu aturan, menggunakan kendaraan di jalan perlu aturan, masuk rumah sakit perlu aturan, masuk terminal ada aturan, mau sholat ada aturannya. Bahkan mau makan pun ada aturannya. Semua ada aturannya jika benar-benar ingin hasilnya bagus. Kita ketika makan harus pakai tangan kanan dan jika pake tangan kiri tentu banyak orang yang jijik. Apa yang kalian bayangkan ketika makan menggunakan tangan kiri. Mengapa hal ini terjadi? karena tangan kiri biasanya digunakan untuk memegang yang kotor-kotor.

Bapak ingin bertanya! Tangan mana yang kalian gunakan untuk bersih-bersih bekas buang air besar. Nah mungkin inilah yang terbayang oleh kita semua ketika makan menggunakan tangan kiri.

Anak-anaku siswa SMA N 5 yang Bapak cintai.
Apa pun yang dilakukan tanpa adanya aturan maka hasilnya akan mengecewakan. Karena itulah dibutuhkan tata tertib untuk mengatur semuanya agar proses belajar mengajar berjalan lancar dengan menghasilkan lulusan yang memuaskan.

Ketika ada tata tertib maka kalian jadi tahu apa saja yang boleh dilakukan dan apa yang tidak. Dan wajar jika sekolah memberikan sangsi kepada siapa pun siswa yang melanggar aturan tersebut. Aturan ini berlaku tanpa pandang bulu. Hal ini demi menjaga kenyamanan dan kelancaran proses belajar mengajar di sekolah kita tercinta ini. Hanya saja kadang pandangan dan penerimaan adanya tata tertib ini seperti sebuah kekangan. Padahal tidak demikian justru sebaliknya.

Ada beberapa nilai positif yang mungkin kalian ada yang belum melihatnya, apa keuntungan adanya tata tertib ini.

Membuat Orang Tua Kita, Guru & Diri Sendiri Bangga..

Tidak ada satu orang tua pun yang tidak bangga kalau anaknya berprestasi disekolah, walaupun beberapa orang tua mungkin gengsi menyatakan dirinya bangga terhadap anaknya.. guru juga pasti bangga sama kita, tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi seorang guru(yang baik) kalo ngeliat murid didikannya berhasil ..

Waktu Kita Jadi Lebih Efektif..
Misalnya, waktu ulangan kita gak belajar , sesudah itu ketika guru menerangkan kita tidak memperhatikan akhirnya nilai ulangan tidak memenuhi nilai standar yg ditentukan, kita juga harus ikut ulangan remedial (beberapa sekolah memiliki kebijakan tersebut). Jika sudah begini jadi buang-buag waktu kan ?

Lebih Mudah Melanjutkan Sekolah
Maksudnya, seandainya kita berprestasi atau nilai di kelas cukup baik beberapa institusi pendidikan akan memberikan keringanan dalam hal pembayaran atau dalam proses pendaftarannya. Contoh : diskon uang sekolah khusus siswa berprestas, PMDK(masuk tanpa tes) yang diadakan beberapa universitas, ada pula sekolah yang menawarkan beasiswa, dll .

Meringankan Biaya Pendidikan
Selain mempermudah kita masuk ke jenjang pendidikan tertentu, dengan belajar yang rajin dan serius kita juga jadi meringankan biaya untuk pendidikan kita, contohnya seperti beasiswa .. cari uang saat ini kan tidak gampang..

Kita Jadi Lebih Dihargai
Ada pepatah mengatakan ‘hargai terlebih dahulu kalo mau dihargai’, sama halnya dengan memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran, percaya atau tidak maka guru tersebut jadi lebih mudah dimintai tolong seandainya kita telat mengumpulkan tugas. Atau misalnya saat kita terancam tidak naik kelas guru-guru pasti melihat usaha kita waktu belajar, kita pantas atau tidak naik kelas, dalam rapat dewan guru pasti banyak guru yang membela supaya kita naik kelas..

Anak-anaku sekalian yang bapak banggakan
Inilah betapa indahnya ketika tata tertib diperhatikan dan diterapkan secara sadar oleh semua pihak. Tata tertib bukan sebagai tekanan tetapi oleh semua di pandang sebagai suatu panduang yang membantu kita mengarahkan kepada keberhasilan

Bapak juga menyadari bahwa tidak semua kemampuan otak manusia sama, ada yg cepat mengingat, ada yang lemah dalam berhitung, dll.. tapi kita harus berusaha dan mencoba menjadi yang terbaik yang kita bisa.

Sekian dulu apa yang saat ini bapak sampaikan. Semoga bermanfaat buat semuanya. Dan kalian sebagai siswa di sekolah kita tercinta benar-benar memahami betapa pentingnya tata tertib di sekolah kita ini.

www.nasabah-fm.blogspot.com